Puasa Sebulan Lagi, Bagaimana Persiapan Ibu Hamil?

Apakah saat ini Sobat Lebaran ada yang sedang menanti kehadiran buah hati ? atau sedang menyusui ? Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Ramadhan, kira-kira bagaimana persiapan Bumil ( ibu hamil) dan ibu yang sedang menyusui ?

Puasa wajib bagi yang mampu dan terpenuhi kewajibannya sebagai seorang Muslim, termasuk juga untuk ibu Hamil dan menyusui. Sebenarnya berpuasa tidak mempengaruhi kesehatan, begitu juga untuk Ibu Hamil. Namun yang harus diperhatikan adalah usia kehamilannya, Pada usia trisemester ke 2 dan 3 , yaitu antara bulan ke 4 dan ke 7 , tubuh ibu biasanya sudah menyesuaikan diri dengan kehamilannya sehingga cukup aman untuk berpuasa.

Pada usia hamil muda atau tri semester pertama biasa pada beberapa ibu hamil mengalami gangguan hormonal sehingga menyebabkan keluhan kehamilan seperti mual dan muntah (hiperemesis gravidarum). Pada saat itu apabila sang ibu tetap berkeinginan untuk puasa harus berkonsultasi terlebih dahulu.

Yang harus diperhatikan juga adalah keseimbangan nutrisi dan pengaturan jenis makanan yang dikonsumsi terutama pada saat sahur dan berbuka. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum dan sereal agar tidak mudah lapar. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah untuk memperlancar saluran pencernaan. Hindarkan makanan yang terlalu manis yang mengandung kadar gula tinggi karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Namun juga pastikan kadar gula yang dikonsumsi cukup untuk membantu aktivitas selama berpuasa.

Pada saat malam jangan lupa minum air yang cukup, jangan mengonsumsi minuman berkafein karena justru akan mengambil air di dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Yang terpenting adalah hindarkan perasaan stres ketika berpuasa. Perubahan pola makan pada wanita hamil biasanya menimbulkan stres.

Nah tidak ada salahnya pengaturan nutrisi sudah dimulai dari sekarang, supaya tidak kaget pada saat Bulan Ramadhan datang sehingga bisa menjalankan puasa dengan tenang. Dan jangan lupa berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.